Jika dalam satu komputer terinstall dua atau lebih sistem operasi, yaitu mengenai boot loader sistem operasi yang digunakan. permasalahan sering muncul ketika instalasi ulang salah satu sistem operasi yang digunakan. Misalnya menggunakan ubuntu dan windows.

Jika pada instalasi sistem operasi windows terlebih dahulu kemudian baru instalasi sistem operasi ubuntu kemungkinan tidak akan terjadi masalah. Karena pada saat instalasi ubuntu akan secara otomatis teristal bootloader yang membaca sistem operasi windows.

Tapi jika suatu saat ingin instalasi ulang sistem operasi windows tanpa melakukan instalasi ulang sistem operasi ubuntu, disinilah terjadi sedikit masalah dengan bootloader karena setelah instalasi sistem operasi windows akan menghilangkan bootloader ubuntu.

Untuk menanganinya, setelah selesai melakukan instalasi sistem operasi windows lakukan langkah-langkah :

Reboot komputer dengan menyiapkan live/instalasi cd ubuntu.

Kemudian setelah masuk live cd ubuntu, pilih pada menu ==> aplication => accesoris => terminal, atau Alt + F2 kemudian ketikkan gnome-terminal => run.

Masuk sebagai root dengan sudo -i => enter. Misalkan MBR ubuntu di HD /dev/sda10 atau bisa dilihat dengan perintah => fdisk -l.

Kemudian mount kan ke /mnt, perintahnya => mount /dev/sda10 /mnt.

Lakukan instalasi grub loadernya dengan perintah => grub-install –root-directory= /mnt /dev/sda dan tunggu sampai selesai.

Langkah terakhir umount kan /mnt perintahnya => umount /mnt/sda10

Reboot komputer dengan perintah => reboot

Akhirnya selesai juga. Selamat mencoba.

reff: http://www.gealgeol.com

0 komentar: