Instal ulang GRUP Bootloader Ubuntu

Masalah ini sering dialami jika komputer kita terpasang dua operating sistem atau lebih. Terutama jika windows di pasangkan dengan linux.

Kasus pertama

karena suatu alasan maka dilakukan proses instal ulang pada windows, hal ini akan menyebabkan grup bootloader akan terhapus dari MBR, menyebabkan tidak bisa booting ke linux. Untuk kasus ini yang diperlukan adalah mengintal kembali GRUP Bootloader-nya linux.

Kasus kedua

Karena suatu alasan atau keperluan yang lainya, kita akan menghapus linux yang ada di komputer kita. Biasanya kita tinggal format partisi linux untuk menghapusnya. Namun cara ini masih meninggalkan bekas yaitu grup bootloadernya masih tersisa dikomputer kita.

Penyelesaian kasus

Untuk penyelesaian kasus kedua sebenarnya sangat mudah. Grup bootloader milik linux tersimpan di MBR. Sebenarnya menghapus isi dari MBR sagat mudah. Dengan perintah dos klasik saja MBR bisa kita hapus. Perintahnya adalah:

FDISK /MBR

Perintah ini menggunakan FDISK yang biasa untuk partisi lewat dos. Namun hanya MBR saja yang dihapus. Setelah ini maka GRUP linux akan hilang juga.

Sedangkan untuk kasus pertama, yaitu mengembalikan GRUP yang telah hilang baik karena proses instalasi baru untuk windows maupun karena langkah seperti yang barusan. Langkah-langkanya adalah:

  • Booting komuter dengan Linux live on CD (Ubuntu)
  • Buka terminal dan ketik perintah sebagai berikut: (sesuaikan id hardisk dan partisinya, misalnya yang digunakan adalah harddisk pertama dan partisi pertama untuk menginstal grup pada proses instalasi linux yang adamakan dipilih hd0)

sudo grub
> root (hd0,0)
> setup (hd0)
> exit

  • Setelah ini seherusnya linux sudah bisa booting secara normal.

Namun jika masalahnya adalah Ubuntu diinstal sebelum sebelum windows terisntal, maka informasi untuk windows belum ada dalam menu boot, maka ada tambahan untuk settingan secara manual boot menu-nya.

File yang prlu dibuka untuk keperluan ini adalah /boot/grub/menu.lst

sudo gedit /boot/grub/menu.lst

maka akan nampak contoh setingan untuk boot menu sebagai berikut:

# title Windows 95/98/NT/2000
# root (hd0,0)
# makeactive
# chainloader +1


Untuk mengubah settingan tersebut tinggal buang tanda “#” dan sesuaikan untuk lokasi tempat instalasi windows yang ada.

reff:
http://ubuntupasuruan.wordpress.com

0 komentar: